Kamis, 23 Februari 2017

Perbedaan Hiu dan Paus

Hiu yaitu ikan yang masuk dalam grup superordo selachimorpha. hiu mempunyai badan ramping, mereka bernafas memakai lima, enam bahkan juga tujuh liang insang bergantung spesies dibagian samping. Hiu mempunyai susunan kerangka tulang riskan yang komplit, hiu dilapis kulit dermal denticles pada badannya yang berperan membuat perlindungan kulit mereka supaya tak rusak, terlepas dari parasit serta untuk memberi dinamika air.
Hiu mempunyai tulang yang begitu enteng serta lentur lantaran terbuat dari tulang riskan muda meskipun kadang-kadang tulang riskan pada ikan yang lebih tua bakal alami pengapuraa tulang beberapa. Hiu mempunyai beragam macam bentuk rahang yang disangka berlangsung lantaran berevolusi dai rongga yang pertama.

Sedangkan
Paus adalah mamalia laut paling besar sekarang ini. Paus adalah satu diantara banyak type hewan yang hidup serta tinggal di laut. Paus yaitu hewan mamalia laut, namun kerapkali dikatakan sebagai ikan lantaran memiliki bentuk seperti kelompok ikan. Paus adalah anggota bangsa Cetacea yang memiliki ukuran besar.

Paus mempunyai ukuran badan besar, cerdas serta hidup bebas di samudera. Bila umumnya hewan laut bernapas dengan insang tetapi tak dengan paus, mereka bernapas dengan paru-paru. Tidak sama juga dengan sapi laut atau manati, paus jadi hanya satu mamalia laut yang dapat hidup di bawah laut sepanjang hidupnya. Karenanya, mereka demikian gampang menyesuaikan dengan kedalaman samudera yang tak tahu tidak terkira hitungannya. Ciri lain dari paus yakni memiliki rambut walau sedikit (umumnya ada pada paus dewasa), berdarah dingin, memiliki kelenjar susu, mempunyai jantung dengan empat ruangan.

Biasanya, paus terdiri jadi dua kelompok. Ada paus bergigi (odontoceti) serta paus tak bergigi (Mysticeti). Paus Odontoceti yang bergigi adalah pemangsa yang mengonsumsi ikan, sotong, serta mamalia laut, memiliki satu lubang pernafasan. Paus bergigi berkerabat dekat dengan lumba-lumba serta pesut. Paus tak bergigi memiliki ukuran semakin besar dari pada ikan paus bergigi serta memiliki susunan yang di kenal sebagai balin yang berupa sikat. Susunan ini bermanfaat untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin memiliki dua lubang pernafasan.

Tersebut disini ketidaksamaan pada Hiu serta Paus :

  1. Hiu dikelompokkan kedalam pisces/ikan yang memiliki sisik ditubuhnyadan termasuk juga vertebrata yang mempunyai tulang punggung kaku serta ketika berenang hiu mengibaskan ekornya ke kanan serta ke kiri sedang Paus dikelompokkan dalam mamalia lantaran dia yaitu hewan laut yang mempunyai kelenjar susu, dia tak bersisik serta bukanlah hewan vertebrata serta jika berenang paus mengibaskan ekornya keatas serta kebawah. 
  2. Hiu mempunyai tulang yang tersusun dari tulang riskan yang berbentuk fleksibel yang banyak membuat telinga serta hidung, sedang Paus mempunyai tulang yang kaku jadi bila diambil kesimpulan kerangka yang dipunyai Paus lebih berat di banding Hiu. 
  3. Hiu bernafas dengan insang yang ada disisi kepala sisi kanan serta kiri serta bentuk insangnya begitu tidak tebal dan gampang dilipat sedang Paus bernafas memakai paru-paru bila menginginkan mengambil oksigen waktu berenang jadi Paus bakal keluar ke permukaan serta menyerapnya lewat saluran pernafasan yang ada diatas kepalanya. 
  4. Hiu yaitu hewan berdarah dingin jadi hiu tidak bisa mengatur suhu badan. Sekitar lingkungan hiu begitu punya pengaruh pada suhu badannya. Jadi, berikut sebab mengapa Hiu biasanya hidup di perairan sub-tropis serta tropis walau ada pula yang hidup di perairan yang dingin. Sedang Paus, termasuk hewan berdarah panas yang dengan gampang mengatur suhu badannya sesuaikan lingkungannya untuk bertahan hidup baik di perairan dingin atau hangat. 
  5. Hiu berkembangbiak lewat cara bertelur (ovipar) serta ada pula yang berkembang biak lewat cara bertelur-melahirkan (ovovivipar). Hiu indukan bakal dapat membuahkan kurang dari 100 butir telur. Telur sesudah menetas jadi induk hiu ada yang tetaplah mengasuh larvanya serta ada juga yang segera meninggalkannya. Sedang Paus, berkembang biak lewat cara melahirkan (vivipar). Sesudah melahirkan paus bakal mengasuh anakannya sampai mereka bisa bertahan hidup sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar