Kamis, 23 Februari 2017

Perbedaan Kura-kura, Penyu, Bulus

Kura-kura atau dalam bhs Inggris dimaksud Turtle, dapat mengacu pada sekumpulan hewan yang terkumpul dalam ordo Testudines, baik yang hidup di darat, laut, ataupun di air tawar. Kura-kura yaitu reptil berkaki empat dengan ciri khas ada batok keras serta kaku. Batok ini terdiri atas karapas (sisi punggung) serta plastron (sisi perut). Jadi pada umumnya, semuanya grup reptil ini, baik kura-kura darat, penyu, bulus, ataupun labi-labi bisa dimaksud kura-kura.

Ketidaksamaan Kura-Kura, Bulus, serta Penyu 

Labi-labi Moncong Babi (Carettochelys insculpta) 
Tetapi pada ketiganya, bisa pula tidak sama keduanya. Ordo Testudines, di Indonesia kerapkali dibagi dalam tiga grup yakni kura-kura (tortoises), penyu (sea turtles), serta bulus atau labi-labi (freshwater turtles). Dalam bhs Inggris, kura-kura masihlah dibedakan lagi jadi kura-kura darat (land tortoises) serta kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins).
Ketidaksamaan paling ketara pada ketiganya yaitu diliat dari habitat atau tempat hidupnya. Ketidaksamaan pada umumnya pada kura-kura, penyu, serta bulus berdasar pada habitatnya, yakni :

  • Kura-kura, walau bisa hidup di darat serta di air namun semakin banyak menggunakan waktunya di darat daripada di air tawar. 
  • Penyu, seutuhnya hidup di air laut serta cuma penyu betina saja yang satu tahun lebih sekali ke daratan (pantai) untuk bertelur. Karenanya, penyu sering dimaksud sebagai kura-kura laut. 
  • Bulus atau labi-labi, kebalikan dari kura-kura, semakin banyak menggunakan waktunya di air tawar daripada di darat. 


Kura-kura Rote 
Berdasar pada susunan badan, pada kura-kura, penyu, serta bulus bisa dibedakan berdasar pada tanda-tanda umum, mencakup :

  • Karapas. Kura-kura mempunyai karapas dua lapis, susunan luar terbagi dalam himpunan sisik yang keras serta susunan dalam yang berbentuk lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat. Penyu tak mempunyai sisik pada karapas tetapi semacam kulit. Sedang labi-labi (bulus) karapsnya tersusun dari tulang riskan yang lebih lunak di banding karapas kura-kura serta penyu. 
  • Kaki. Kaki kura-kura di desain untuk jalan di darat hingga mempunyai kuku-kuku yang tajam. Sedang pada penyu serta bulus, bentuk kakinya mirip sirip yang membantunya berenang di air. 


Penyu Abu abu (Lepidochelys olivacea) 
Penyebutan kura-kura, penyu serta bulus dengan sebagian ketidaksamaannya itu cuma untuk memudahkan diskripsi untuk orang-orang umum. Sedang untuk kepentingan ilmiah, ketidaksamaannya pastinya didasarkan pada klasifikasi ilmiah berbentuk tahap famili, genus, serta spesies. Berdasar pada klasifikasi ilmiah, kura-kura (ordo Testunides) dibedakan dalam 14 famili yakni :
1. Carettochelyidae
2. Chelida
3. Cheloniida
4. Chelydrida ;
5. Dermatemydida ;
6. Dermochelyidae
7. Emydidae
8. Geoemydidae
9. Kinosternidae
10. Pelomedusidae
11. Platysternidae
12. Podocnemididae
13. Testudinidae
14. Trionychidae

Tersebut sedikit deskripsi mengenai kesamaan serta ketidaksamaan kura-kura, penyu, serta bulus pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar